Wednesday, May 22, 2013

Sampai Jumpa Lagi, Mong...


Diawali dari inisiatif mama dan adek buat beli kelinci di Bandung (Ibu dan Bapaknya Cemong). Pas dibawa ke rumah, Ibu dan Bapaknya cemong masih imut dan kecil. Setelah dirawat sampe mereka dewasa ya kurang lebih satu tahun dalam satu kandang akhirnya mereka bereproduksi. Kaget juga sebenernya pagi-pagi udah ada delapan bayi kelinci di kandang. Abis melahirkan, ibunya Cemong langsung menjilati semua bayi-bayinya sampe semua darahnya bersih dan dia juga ngerontokin bulunya demi menghangatkan anak-anaknya itu. Seisi rumah langsung bingung sendiri soalnya itu pertama kalinya kami punya peliharaan yang melahirkan dan ditambah saat itu lagi musim hujan jadi kami takut bayi-bayinya itu kedinginan. Langsung deh kami ambil beberapa potong kain sprei buat ditaroh disekeliling kandang. Tujuannya biar kandangnya lebih hangat dan mereka yang masih kecil-kecil ga kejepit di pinggir kandang. Soalnya dalam beberapa jam setelah lahir aja mereka udah gerak kesana kemari sampe beberapa sempet kejepit. Udah pada pernah lihat bayi kelinci belum? Sayangnya ga ada fotonya. Pokoknya bentuknya kayak tikus kecil yang ga ada bulunya jadi kulit pink-nya kelihatan jelas. 

Malam di hari mereka lahir itu hujan deres banget. Gue, mama, dan adek langsung mindahin kandang ke teras belakang biar mereka ga kena hujan. Abis dipindahin, kami langsung menghitung jumlah bayinya. Kaget! Pas dihitung kok berkurang jadi 7 bayi. Sedih sih soalnya kami kira dimakan sama yang lainnya atau keselip. Udah dicari-cari akhirnya kami pasrah dan ngeikhlasin gitu aja. Beberapa menit hujan mulai reda. Pas itu adek lagi ambil minum dan nengok ke arah jendela. Adek bingung soalnya di atas batu-batu halaman ada yang gerak-gerak. Yak, pas dideketin ternyata itu bayi kelinci yang daritadi dicari-cari. Bayi ini yang paling beda dari bayi-bayi lainnya soalnya banyak banget corak hitam di badannya. Jadi gini, ibu mereka itu seluruh bulunya berwarna putih dan matanya merah. Kalau bapaknya itu bulunya putih juga tapi beberapa bagian ada corak hitamnya dan matanya juga warna coklat biasa. Alhasil, keturunan mereka pun beragam. Setengah kayak si Ibu dan setengah lagi kayak si Bapak. 

Bayi-bayi kelinci di rumah itu bikin gue dan seisi rumah rasanya selalu pengen cepet-cepet pulang ke rumah. Hari demi hari akhirnya bulu mereka mulai tumbuh dan badannya juga mulai besar. Lucu banget setiap hari merhatiin perkembangannya. Apalagi pas ngeliat mereka makan daun sawi sedikit-sedikit soalnya mulutnya masih kecil. Pas udah lumayan gede malah mereka suka rebutan makanan padahal sayuran yang dikasih udah banyak. Biasanya setiap pagi dan sore mereka dilepas dari kandang biar bisa main-main. Ya bayangin aja 10 kelinci semuanya dilepas di halaman belakang heboh deh ada yang lari keujung, ke bawah kursi, ya kemana mana pokoknya. Biasanya kalo udah cukup mereka dimasukkin lagi dalam kandang. Caranya dengan naroh sayuran di kandang itu. Penasaran sama gimana wajah-wajah kelinci kecil yang dari tadi diceritain? Buka aja post yang gue buat di tahun 2009. Tadaaa….. 


Udah lihat kan gimana ngegemesinnya semua makhluk-makhluk kecil itu? Hehe. Setelah beberapa bulan pertumbuhan mereka lumayan pesat. Sangking banyaknya gue sekeluarga jadi bingung sendiri pas ngasih makan soalnya sering banget rebutan. Mereka semua sempet kena penyakit semacam jamur gitu sampe bulunya pada rontok. Mama ga tega dan ga sanggup ngeliat mereka semua sakit. Mungkin karena mereka tinggal bareng-bareng di satu kandang yang kurang besar. Yaudah akhirnya setelah dipikirkan baik-baik dengan berat hati kami membagikan kelinci-kelinci kecil itu beserta Ibu dan Bapaknya ke tetangga. Tapi karena masih pengen ada temen kecil di rumah, kami menyisakan satu kelinci yang dipilih mama, yaitu yang punya cemong di deket mulutnya. Kelinci yang dipilih itu adalah kelinci yang pernah hilang dan jatuh di batu-batu halaman yang gue ceritain di awal.

  


Awal-awal dipelihara sendiri di rumah, Cemong lebih sering ditaruh di kandang. Tapi, lama-lama kami mulai membiasakan Cemong buat main keluar dari kandang. Biasanya siang sampe sore Cemong dilepas biar dia terbiasa sama lingkungan disekitarnya. Sampai akhirnya kami membiarkan Cemong buat leluasa masuk ke dalem rumah. Kalau diceritain tentang ini biasanya orang-orang pada nanya, “Emang dia ga buang air sembarangan?”. Ngga sama sekali! Kelinci itu pinter, kalau dibaikin dan dikasihtau baik-baik dia pasti nurut. Cemong ga pernah buang air sembarangan. Spot buang airnya itu di ujung halaman. Setiap hari ya dia buang air disitu. Air seni-nya cemong juga ga bau soalnya dia ga makan kangkung. Makanan wajib Cemong itu wortel, sawi, timun, kol, dan pur. Awal-awal sih dia makannya cuma itu. Tapi makin lama mungkin ia mulai terbiasa dengan kehidupan manusia. Rasa ingin tahunya besar banget. Hobinya nyoba-nyoba makan tanaman di halaman. Dari mulai tanaman biasa sampe tanaman kesayangan mama dan papa.




Cemong hobi banget cari perhatian. Tanaman kesayangan papa itu pohon gelombang cinta. Kalau Cemong mulai gigitin tanemannya pasti mama atau papa teriak, “Cemooong… cemooong… jangan di makananin”. Ya kayaknya Cemong seneng kalo ada yang teriakin namanya. Selain itu dia juga hobi banget makan benda yang aneh-aneh. Pernah di lantai kamar gue tergeletak kertas-kertas soal ulangan SMA dan gue lupa nutup kamar pas Cemong masuk ke dalem rumah. Pas sadar udah terlambat pinggir-pinggir kertas itu udah digigitin. Dia juga suka makan Koran. Jadi, ritual gue, papa, dan mama setiap minggu pagi itu jogging keliling Utan Kayu. Abis jogging biasanya kami duduk-duduk di halaman depan rumah bareng si kecil berbulu itu. Setiap minggu pagi biasanya Cemong nagih buat main keluar. Biasanya dia udah nunggu didepan pintu. Jadi, pas pintu dibuka dia langsung lari ke halaman depan. Di halaman depan ini biasanya dia mencoba berbagai tanaman mama. Digigitin sedikit-sedikit.
.

 
Dari mulai pohon pangkas sampe palem. Kadang-kadang bunga pun dimakan. Kalau Cemong udah bosen dan capek lari-larian biasanya dia tiduran di belakang badan papa yang baca Koran sambil gigit-gigitin Koran yang papa taroh. Beberapa menit abis itu biasanya dia mulai laper. Kalo dicuekin biasanya dia gigitin baju gue, papa, atau mama sampe kami ngasih dia makanan. Salah satu makanan yang tidak lazim disukain sama kelinci ini adalah pisang. Cemong doyan banget sama pisang. Kalau dikasih pisang dia sampai berdiri-berdiri makannya. 

Selain pisang, Cemong juga suka apel. Bahkan, kulit apel aja dia doyan banget. Oiya, Cemong juga doyan banget sama dark chocolate. Jadi, selama beberapa bulan Cemong hobi banget menyelinap masuk ke kamar Adek dan setiap di kamar Adek tujuan utama dia itu ke bawah meja komputer. Heran banget kalau Cemong udah disitu pasti lama banget ga keluar-keluar. Setelah terheran-heran selama beberapa bulan, akhirnya kami menemukan jawabannya. Pas lagi bersih-bersih kamar Adek, ditemukanlah Dark Chocolate batangan dengan ukuran lumayan besar di bawah meja itu yang udah mau habis dan kelihatan banget dari bentuk gigitannya udah kelihatan siapa yang makan. Setelah cokelat yang hampir abis itu disingkirkan Cemong masih suka nyari-nyariin di kolong sampe dia nyerah. Setelah beberapa lama kayaknya dia sadar kalo cokelatnya udah dibuang. Tapi, dia tetep suka duduk lama di depan pintu kamar ade buat ngadem soalnya dari sela-sela pintu itu ada udara dingin AC yang keluar. 

Kebanyakan kelinci itu makanan kesukaannya wortel. Berbeda dengan Cemong yang makan wortel kalau emang ga ada makanan lain. Itu juga harus disuapin baru mau di makan. Manjaaaa banget. 

Jadwal makan malam cemong itu setiap jam 21.00. Entah kenapa, ya mungkin karena sudah terbiasa, setiap jam 9 malem cemong udah nunggu di depan pintu kaca.



Dia nungguin gue keluar buat bawa sayuran, nyuapin dan elus-elus. Itu setiap hari dia lakuin dan gue pun ga pernah bosen buat nyuapin dan elus-elus. Kalo gue lagi pergi sampe malem, biasanya adek atau papa yang ngegantiin. Apalagi selama gue kuliah di jogja, Adek deh yang menggantikan tugas setiap malam itu. Cemong itu manja banget dan selalu mau diperhatiin. Sering pas lagi nyuapin gue nengok ke arah TV di ruang keluarga. Biasanya kalo ga diperhatiin gitu dia marah dan ndesel-ndesel kaki gue sampe gue sadar. Kalo udah kenyang, langsung deh Cemong minta jatah buat dielus-elus sambil gue cerita tentang macem-macem. Kalo ga ada cerita biasanya dia gue nyanyiin kayak ibu-ibu yang yang ngelonin bayinya, hehe. 


 
Setiap malem sebelum ritual makan malem Cemong selesai, biasanya gue nasihatin dia, “Cemong sehat terus ya, jangan makan yang aneh-aneh, baik-baik sama Burung Nuri dan burung-burung yang lain, jangan nakal-nakal, inget lho kalo hujan berteduh di teras dan naik kursi kalo kedinginan, jangan main hujan nanti kamu sakit. Temenin semua orang di rumah ya biar semuanya seneng. Temenin mama juga biar mama ga kesepian. Jangan suka makanin tanaman kesayangan papa dan mama. Nurut ya sama semua. Istirahat kalo siang, jangan main terus”. Ya kurang lebih itu nasihat gue ke Cemong setiap malem. Dia nurut banget kalo udah dielus-elus diem aja nikmatin banget. Biasanya malah sampe merem melek keenakan.



Cemong itu setia banget. Pas gue kelas dua SMA, mama jadi kepala sekolah di salah satu PAUD di Utan Kayu. Mama berangkat jam 8 pagi dan pulang jam 11. Ajaibnya setiap mama pulang dari PAUD, di ruang tamu udah ada buntelan kecil yang nungguin di bawah sofa. Itu setiap hari Cemong lakuin. Dia juga selalu ada di depan pintu masuk dapur setiap jam 5 pagi buat minta masuk. Kalo ga dibukain dia bakalan garuh-garuk pintu. Mungkin kalo Cemong bisa ngomong berisik banget kayaknya. Dia juga suka banget tiduran di sela-sela kursi yang sempit padahal perutnya gendut banget.

 
Cemong itu nurut banget sama kami sekeluarga. Gue sering nyuruh dia buat naik ke atas sofa di teras belakang kalo dia ngerasa dingin. Ya lama kelamaan dia ngerti dan kalo malem jadi sering duduk di atas sofa itu like a boss. Cemong juga selalu nemenin mama masak di dapur. Setiap mama masak pasti ada Cemong dibawahnya. Mama yang terbiasa ditemenin Cemong sampe sekarang masih berasa Cemong masih ada. Mama bilang sering refleks nengok ke bawah soalnya ngerasa kayak ada Cemong lari-lari kayak biasanya. Mama sempet bilang, “Mama masih suka sedih kalo keinget dulu Cemong nemenin kemana-mana udah kayak anak kecil yang gamau ditinggal”.
Kalo di dapur, Cemong seneng banget duduk didepan kulkas. Kalo kulkas dibuka dia langsung ke bawahnya buat ngadem atau buat nyoba nyari-nyari sayuran. Malah biasanya dia ambil sendiri sayuran yang mudah dijangkau buat dia makan. 

Dibalik keberaniannya, Cemong itu juga penakut dan gampang kaget. Terutama pas bulan-bulan Ramadhan akhir atau tahun baru, yaitu disaat anak-anak disekitar rumah sering mainin kembang api. Kalo ada kembang api biasanya dia lari ke bawah kursi atau masuk rumah yang aman. Begitu juga kalo ada petir. Ya jangankan petir, denger suara mama goreng ikan yang berisik atau blender buah-buahan aja dia langsung kaget dan ngumpet. Oiya, cemong juga pernah kaget gara-gara papasan sama kucing di depan pager rumah. Lucu banget ngeliat dia lari terbirit-birit cuma gara-gara ngeliat kucing. 

Kebiaaan Cemong setiap pagi yang berbeda dari kelinci-kelinci lainnya adalah minum susu. Susunya juga ultra milk biru yang ditaruh di mangkuk kecil. Kadang-kadang malah disuapin mama pake sendok. Gemes banget ngeliat Cemong pas minum susu. Dijilat-jilat dengan lahapnya sampe ga ada sisa di mangkuk. Kenapa Cemong bisa doyan banget susu? Soalnya dia iri ngeliat mama yang ngasih burung nuri susu sisa Adek. Jadi, Adek itu setiap pagi minum susu tapi ga pernah habis. Nah, sisa susu Adek itu biasanya mama kasih ke burung nuri. Pas mama ngasih biasanya Cemong ngikutin terus sampe mama kasian dan nyoba ngasih susu ke Cemong. Awal mula Cemong suka pisang juga gara-gara si nuri yang setiap harinya makan pisang. Biasanya kulit pisang yang udah kering dilempar si nuri ke lantai. Si cemonglah yang memungut kulit pisang itu buat dia coba makan. Ya siapasih yang tega ngeliatnya. Akhirnya Cemong dapet jatah pisang setiap harinya. 

 
 
Semua makanan Cemong itu bersih, sehat, dan bergizi. Jadi ga heran kalo badannya bisa segendut dan semontok itu. Bulunya juga tebal dan bersih soalnya dia rajin jilat-jilatin badannya. Kadang-kadang juga Cemong dikasih bedak khusus kelinci yang wangi banget. Sangking wanginya Cemong selalu kabur pas dikasih bedak itu. 

 
 
Beberapa minggu sekali biasanya gue ngelapin badan Cemong pake handuk basah. Ya kayak kelinci-kelinci pada umumnya, dia ga suka air jadi ga bisa dimandiin pake sabun. Tapi herannya dia seneng banget main hujan. Harus dipanggil-panggil dulu baru berhenti main hujan. Kalo badannya udah basah, biasanya langsung gue lap sampe kering biar dia ga kedinginan. 

Kalo kata mama, Cemong mirip banget sama anak kecil kelakuannya. Kerjaannya cari-cari perhatian. Kalo ada tamu yang dateng langsung deh dia samperin. Apalagi kalo ada tukang galon atau tukang gas yang masuk langsung deh dia isengin. Tapi baik kok, biasanya kita sebut Cemong si penunggu galon. Saudara-saudara yang dateng ke rumah juga pasti langsung gemes soalnya sekali dideketin dan dielus-elus si Cemong pasti nurut. Kalo yang udah pernah ke rumah gue pasti pernah kenalan sama Cemong. Setiap gue sekeluarga pergi dan sampe rumah biasanya Cemong udah nunggu di depan pintu kaca buat menyambut kedatangan kita. Begitu juga pagi-pagi pas gue mau sekolah dan papa mau berangkat kerja biasanya dia juga ada seakan-akan ngedoain kami semua biar hati-hati di jalan.

Seisi rumah itu sayang Cemong. Setiap ada Cemong di dalem rumah semuanya pasti jadi ceria soalnya tingkah lakunya selalu lucu dan ngegemesin. Kalo kami lagi nonton di ruang TV biasanya dia duduk di bawah TV. Kadang-kadang kalo gaada yang merhatiin dia naik keatas sofa juga dan gamau turun sebelum diteriakin. Dia juga hobi banget naik-turun tangga entah maksudnya apa. Sering ada yang nanya, “Kelinci gigit ga sih?”. Giginya itu emang tajem tapi kecil-kecil dan ga mungkin bikin kita yang digigit berdarah. Tapi kalo soal makanan sekeras jagung sampe gaada sisa juga abis dia makan. Cemong sering gigit kaki Mba Amy mungkin karena gemes tapi ga sakit kok soalnya Cuma kayak disentuh pake giginya aja. Cemong juga suka gigit benda-benda lain dari mulai kabel telfon, kabel kipas angina, korden, sofa, sampe tembok juga suka dia gigitin. Ini dia kalo mau lihat bagaimana bentuk giginya Cemong.

 
 
Fyi, kelinci itu tidur siang hari dan cenderung lebih aktif di malam hari. Begitu juga dengan Cemong. Dia tidur kurang lebih jam 11 pagi sampe jam 3 siang. Spot tidur yang menurut dia paling nyaman itu di kamar belakang. Jadi, di rumah gue ada kamar kosong yang dulunya kamar pembantu yang letaknya di belakang dapur. Nah, disitulah setiap harinya jadi tempat tidur Cemong. Dia tidur di ujung kolong tempat tidur. Tapi, kalo ada orang yang berisik masak di dapur jam 1 atau 2 siang biasanya dia bangun soalnya dia gamau melewatkan kebersamaan bareng orang-orang di rumah.

Cemong itu lahir tahun 2008. Jadi kira-kira hampir 5 tahun dia nemenin kami semua di rumah. Dirawat dari kecil mungil sampe badannya segede kucing. Tahun 2011 gue keterima di UGM dan harus pindah ke Jogja. Dari mulai H-10 sebelum pindahan ke Jogja, gue udah mulai pamitan setiap malem. Hari terakhir sebelum ke Jogja gue dedikasikan untuk rumah dan Cemong. Seharian gue di rumah dan dari siang sampe sore main-main di halaman sampe Cemong. Dan herannya dia seakan-akan ngerti kalo gue mau pergi. Kemanapun gue jalan pasti dia ikutin. Akhirnya gue ambil kamera dan mulai foto-fotoin Cemong. Pas liat kamera dia bukannya kabur, tapi malah ngedeketin. Ya lumayan buat kenang-kenangan gue kalo kangen sama Cemong. 

 
 
Abis puas main-main dan mau balik masuk ke dalem rumah buat ngelanjutin packing, wajah Cemong seakan-akan bilang jangan pergi dulu. Jadilah gue beberapa kali pamitan mau masuk rumah gajadi-jadi soalnya dia kejar terus. Emang bener ya apapun itu, entah benda atau hewan kalau disayang ya pasti akan balik sayang. Gue selalu percaya itu. 

 
 
Malem sebelum paginya gue berangkat ke Jogja gue ga bisa tidur. Bengong aja di kamar ngeliatin Adek yang tidur di samping gue sampe jam setengah 4 pagi akhirnya gue mandi dan langsung siap-siap aja. Abis siap jam 4 pagi gue langsung ke halaman belakang buat sekali lagi pamitan ke Cemong. Gue suapin dan elus-elus terus. Sedih banget rasanya kalo inget bakal ninggalin buntelan putih itu. Sampe waktu gue harus berangkat dia terus ngejar gue ke pintu. Berkali-kali seakan-akan gamau gue tinggalin. I’m sorry, mong…

Jangan takut Cemong kesepian selama gue kuliah di Jogja. Soalnya masih ada Mama, Papa, Mba Amy, dan Adek Winda yang sayang banget sama Cemong. 


Ga ada yang pernah lupa kalo jam 9 malem itu waktu Cemong makan dan dielus-elus. Mama dan Papa setiap sabtu dan minggu juga selalu main di halaman depan sama Cemong. Bahkan si Mpok yang setiap harinya bantu-bantu di rumah selalu merhatiin Cemong soalnya setiap hari dia selalu ditemenin Cemong pas nyuci baju. Cemong juga sering gangguin Mpok pas lagi nyapu rumah. Di setiap folder foto di hp kami sekeluarga juga pasti ada foto Cemong. Cek aja kalo ga percaya, hehe. Papa juga seneng ngisengin Cemong, sampe nyobain kacamata bacanya ini ke cemong.

 
 
Cemong itu kayaknya tau kalo nama dia itu ya Cemong. Setiap ada yang manggil, “Mong.. mong.. mong..”, dia pasti nyamperin. Bahkan karena sangking seringnya orang di rumah manggilin Cemong, si Burung Nuri itu sampe bisa ngikutin ngomong, “Mong.. mong.. mong”. Kalo denger suara pintu kaca di buka Cemong pasti langsung lari buat ngehampirin. Alhasil itu dijadikan cara buat ngisengin si Cemong biar dia lari-larian, hehe. Cemong itu terkenal lho, temen-temen gue, Adek, Mba Amy, tetangga, dan bahkan temen-temen mama tau Cemong itu siapa. Kalo tetangga-tetangga yang sering lewat setiap pagi depan rumah pasti tau Cemong. Ya, soalnya hampir setiap pagi dia main di halaman depan buat nemenin Mama yang berkebun. Kalo lagi berdua sama mama udah kayak anak sama Ibunya aja. Kalo kata bude yang rumahnya pas disebelah rumah gue, setiap pagi mama kayak lagi berkebun sambil ditemenin anak kecil. Kalo Cemong nakal langsung deh mama berisik manggil-manggilin. Mama juga suka banget memberikan kreasi-kreasi makanan baru buat Cemong. Dari mulai roti, anggur, cokelat, kerupuk, cabe, ayam, peyek, susu kedelai, dan bahkan bunga melati. Mama juga sering banget memamerkan hal itu ke gue di telfon, “Nindya, tadi cemong mama kasih roti cokelat lho. Masa dimakan sampe abis… Emang dasar si gendut”. 

   


Tips merawat kelinci :
  1. Pas masih kecil jangan dikasih air minum. Kelinci kecil akan mendapatkan asupan air dari sayuran yang dia makan. Mulai kasih kelinci air minum pas umurnya sudah berbulan-bulan. Kasihlah air yang sudah matang biar kesehatannya tetap terjaga.
  2. Jaga kebersihan kandang dan tempat makannya biar ga ada virus-virus yang biasanya bikin bulunya rontok.
  3. Selain sayuran segar, kasih juga pelet khusus kelinci yang didalamnya ada vitamin-vitamin yang akan menjaga metabolisme tubuhnya. Biasanya kelinci yang makan pellet khusus, bulunya akan lebih tebal dan halus.
  4. Kelinci bisa sakit kalau stress. Jadi misalnya ada suatu acara di rumah yang mengundang banyak orang lebih baik memasukkan kelinci ke kandang dan menjauhkan dia dari kebisingan.
  5. Kelinci juga punya perasaan. Dia tau kapan dia dicuekin dan kapan dia diperhatikan. Selalu luangkan waktu buat sekedar nyuapin atau mengelus-elus kepala dan badannya.
  6. Kalo bisa jangan dikasih makan kangkung biar air seni-nya ga bau.
  7. Beberapa minggu sekali, lap badannya pakai handuk halus yang sudah dibasahi. Tapi setelah dibasahi jangan lupa untuk langsung mengeringkan biar dia ga kedinginan.
  8. Sisir bulunya minimal satu bulan sekali biar ga kusut dan tetap halus.
  9.  Jangan menempatkan banyak kelinci dalam satu kandang. Selain karena sempit dan menggangu pergerakannya, penyakit yang diderita satu kelinci bisa saja menular ke kelinci yang lain kalau jaraknya sangat berdekatan.
  10. Kalau harus pergi keluar kota selama beberapa hari, jangan lupa meminta orang terdekat untuk paling tidak satu kali sehari ke rumah untuk memberinya makan.
  11. Buat mengontrol perilaku kelinci, bisa dilakukan dengan memberikan reward setiap mereka melakukan suatu hal yang benar. Reward bisa berupa makanan kesukaannya.
  12. Selalu tepatin janji yang kalian berikan ke kelinci kalian. Misalnya janji buat main di halaman hari minggu pagi. Soalnya, mereka itu seakan-akan ngerti dan akan nagih.
 
Sepanjang hidupnya Cemong ga pernah sakit, ga pernah lemes, bulunya juga gapernah rontok kayak kelinci-kelinci kebanyakan. Tapi, beberapa hari sebelum meninggal, dia gamau makan. Semua makanan kesukaannya ga ada yang dia makan. Dia cuma mau minum susu dan sedikit makan pur. Pas itu Cemong juga lebih sering menghabiskan waktunya buat tidur di kamar belakang. Mama sempet sedih, sampe status bbm mama jadi “ Cemong makan dong L “. Sehari sebelum meninggal dia menggali dua lubang. Yang satu pas dibawah jendela kamar mama, yang satu lagi di deket kandang burung. Pas malemnya dia tidur diatas tempat yang udah dia gali itu, yaitu di bawah jendela kamar mama. Seakan-akan Cemong mau ngasitau ke orang-orang di rumah kalo di maunya dikubur disitu. Mama yang merhatiin Cemong sepanjang hari itu. Tapi, Mama sama sekali ga sadar kalo itu adalah pertanda. Besoknya jam 5 pagi seperti biasa Mama bangun dan menyapa Cemong. Cemong ngeliatin mama dari bawah kolong kursi dan karena masih pagi Mama pun Cuma melambaikan tanganya ke Cemong. 

Abis itu Mama masuk dan beberapa menit kemudian Mama keluar lagi. Pas nengok ke bawah kursi, ternyata Cemong udah meninggal. Badannya udah lemes dan kepalanya udah dilantai kayak lagi tidur. Mama langsung teriak buat manggil Papa. Papa bilang, “Yah, memang udah saatnya Cemong istirahat”. Mama juga langsung ke kamar Adek dan ngebangunin Adek buat ngasihtau kabar duka itu. Adek yang baru bangun tidur langsung nangis dan gamau lihat prosesi pemakaman Cemong. Mama ngambil seprai yang biasanya gue pake buat digunting dan dijadiin kain buat nutupin badan Cemong sebelum dikubur. Mama nyeritain ke gue tentang prosesi pemakaman Cemong sambil berkaca-kaca. Mama bilang, pas meninggal Cemong bersih banget. Matanya kebuka lebar dan mama bilang wajahnya lucu bangt kayak boneka. Ga ada setetes darah atau kotoran disekelilingnya. Papa yang menggali lubang di tempat yang udah Cemong tunjuk di hari sebelumnya, yaitu di bawah jendela kamar Mama. Mama yang mengkafani cemong dengan seprei yang udah digunting. Abis itu Mama juga yang membawa Cemong buat dikubur. Mama melakukan prosesi itu semua sambil berlinang air mata. Mama bilang lubang yang Papa gali pas banget sebesar badan Cemong. Ya, bukan Cemong namanya kalo mau dipisahin sama kami semua. 

Sekarang Cemong udah beristirahat dengan tenang di rumah barunya. Dia selalu ada di hati kami semua sampe kapan pun juga. 

 


Terima kasih ya, Mong... sudah menemani kami semua selama lima tahun ini…
Terima kasih sudah memberikan keceriaan dan kebahagiaan di rumah kami…
Terima kasih sudah menjadi pendengar yang sangat baik…
Terima kasih telah mengajarkan kami tentang keikhlasan, kasih sayang, dan empati…
Terima kasih sudah menghangatkan rumah dan mendekatkan kami sekeluarga…
Terima kasih untuk semua tingkah lakumu yang selalu mencerahkan hari-hari kami…
Terima kasih juga karena kamu telah memberikan pengalaman yang tidak akan pernah kami lupakan…


 
Kamu ga akan tergantikan, mong…  Kamu akan selalu ada di hati.
Beristirahatlah dengan tenang disana. Tetap lincah dan ceria ya! Peluk hangat dikirim dari sini.
Semoga suatu hari nanti. Di waktu yang lain.. kita bisa ketemu dan main-main lagi.

  
( Cemong, 2008 - 2013 )


With Love,
Kakakmu.

6 comments:

Unknown said...

huuuks, nangis bombay baca postingan ini. bisa sampe kesini karena link dr blog mba Trinity.
dulu aku punya ayam kate sepasang namanya bertha dan bernadus. kelakuannya sama persis kaya cemong tapi versi ayam. sehari setelah bertha mati, bernadus nyusul mati juga. mungkin itu yang namanya cinta sehidup semati... :')

Anindya Phalita said...

Haloo :)
Yaampun lucunya ayam-ayammu, dipelihara dari mulai menetas? Sekarang bertha & bernandus lg main brg sm cemong kali ya :') hehehe

Yoga Putra said...

I do really love your post, Anindya. dan gue excited banget buat baca semuanya. keep the good work! :D

Unknown said...

nin ngga boong blog lo keren, haha pantes juara..

Dina said...

Ga sengaja ke blog ini dan baca post ini. Terharu :""""") Cemongnya lucu bangett. Well-written!

Aksara Undika said...

woooww..... jadi nangis bacanya.. perilaku cemong mirip banget sama kelinciku, namanya SKy.. warnanya coklat. sky juga manjaa banget, dia paham bgt kalo dipanggil, suka banget di elus2, suka banget disuapin, wortel bukan makanan utamanya, kalo terpaksa baru deh dia mau makan wortel, itupun disuapin,... mirip banget sama cemong.
Sky baru gabung di rumah aku september 2015 kado ultah dari temen2ku. wkwkwkw seriusan jadi nangis baca cerita cemong. oh iya sky suka banget maen di halaman belakang, trus kalo cape dia menggali tanah buat tempat boboknya..